Selasa, 18 Desember 2012



RESUME
EKOLOGI PADANG RUMPUT ATAU PENGEMBALAAN

Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling memengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.
Padang penggembalaan adalah kemampuan suatu wilayah menghasilkan pakan berupa hijauan dari padang penggembalaan tanpa melalui pengolahan, dan dapat menyediakan pakan untuk menampung sejumlah populasi ternak ruminansia. Luas lahan padang penggembalaan di Sulawesi Selatan menunjukkan kecenderungan semakin berkurang. Dengan demikian produktivitas padang penggembalaan sebagai basis ekologi penyedia hijauan bagi ternak ruminansia juga mengalami penurunan. Upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kekurangan hijauan dari padang penggembalaan adalah perbaikan padang penggembalaan, pemanfaatan dan penanaman rumput unggul dan leguminosa pohon, serta optimalisasi pemanfaatan biomas limbah pertanian dan industri.
Hal ini terjadi sebagai akibat perubahan fungsi lahan yang selama ini sebagai padang penggembalaan berubah menjadi lahan perkebunan, persawahan ataupun untuk pemukiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar